Selasa, 01 Maret 2016

SOAL UJIAN PRAKTEK TIK 2016/2017



Soal Materi Microsoft Word
Petunjuk Pengerjaan  :
1.      Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Word.
2.      Aligment Justified
3.      Jenis huruf                           : Times New Roman
4.      Ukuran huruf                       : 12
5.      Margin atas (Top)                : 4 cm
6.      Margin kanan (Right)          : 3 cm
7.      Margin bawah (Bottom)      : 4 cm
8.      Margin kiri (Left)                : 3 cm
9.      Spasi                                    : 1,5 lines
10.  Ukuran kertas                      : A4
11.  Gunakan fasilitas Shapes untuk menyisipkan Line/Garis.
12.  Gunakan fasilitas Paragraf First line untuk membuat paragraph baru.
13.  Gunakan fasilitas Bullets and Numbering untuk memberikan penomoran atau simbol-simbol lain.
14.  Ketiklah naskah sesuai dengan format font  :  huruf tebalhuruf miring, dan huruf garis bawah sesuai teks naskah.
15.  Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing serta kelasnya.
          Contoh  : File name = Sif4 _IX.1
IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH
SMP MUHAMMADIYAH 3 LEKSONO
KABUPATEN WONOSOBO
Jln. Taman Siswa Desa Waegeren telp(0286)324643 code pos : 56362

Nomor        : 421.3/IPM/III/2015
Lampiran    : 3 Lembar
Perihal        : Permohonan Izin Kegiatan Bakti sosial
 
Kepada,
Yth.            Kepala SMP Muh 3 Leksono
                   Di –
                            Tempat
 
Dengan hormat
Sehubungan dengan terjadinya musibah tanah longsor yang terjadi di desa waegeren, kecamatan lolong guba kabupaten buru, tanggal 29 Februari 2016. Kami pengurus IPM SMP Muhammadiyah 3 Leksono bermaksud mengadakan bakti sosial di desa tersebut. Sehubun dengan rencana tersebut, mohon bapak kapala sekolah mengijinkan kami malaksanakan kegiatan tersebut yang rencananya dilaksanakan pada :
Hari/tanggal                  : Minggu, 8 Maret 2016
Waktu                           : 08.00 wib
Tempat                          : Desa Waegeren
Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami lampirkan :
  1. Program kegiatan IPM SMP Muh 3 Leksono tahun 2015/2016
  2. Jadwal kegiatan bakti sosial SMP Muh 3 Leksono
  3. Susunan panitia bakti sosial SMP Muh 3 Leksono
Demikian surat permohonan kami, Atas kebijakan bapak kami sampaikan terima kasih.
 
Pengurus IPM
SMP Muhammadiyah 3 Leksono Woonosobo
 
                              Ketua                                                     Sekretaris
 

                    ANGGA SAPUTRA                                 NOVIA FEBRIANA
File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :
1.      Masuk di halaman Google!Mail
2.      ketik Google! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In.
3.      Klik New/Tulis
4.      Isilah To/Kepada  : smpmuh3leksono@gmail.com, Subject/Judul  :  Ujian Praktek Ms Word.
5.      Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
6.      Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu
sampai proses selesai.
7.      Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.
Soal Materi Microsoft Excel
A.      Fungsi Logika IF
          Petunjuk Pengerjaan :
1.      Ketiklah tabel di bawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Excel.
2.      Ketik kolom No dengan data urut.
3.      Isikan kolom Jabatan dengan Fungsi Logika jika kode A maka Direktur, kode B maka Staff Administrasi, kode C maka Staff Operator.Fungsi Logikanya =IF((B7=”A”),”Direktur”,IF(B7=”B”,”Administrasi”,IF(B7=”C”,”Operator”)))
4.      Isikan kolom Gaji dengan Fungsi Logika jika kode A maka 1.500.000, kode B maka 1.000.000, kode C maka 850.000. Fungsi Logikanya =IF((B7=”A”),”1500000″,IF(B7=”B”,”1000000″,IF(B7=”C”,”850000″)))
5.      Isikan kolom Tunjangan dengan Fungsi Logika jika kode A maka 20% dari gaji, kode B maka 10% dari gaji, kode C maka 5% dari gaji.
6.      Isikan kolom Astek dengan rumus 2,5% dari Gaji
7.      Isikan kolom Total dengan rumus (Gaji + Tunjangan) – Astek
8.      Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing serta kelasnya.
                   Contoh  : Filename = Sif4_IX.1
KETENTUAN  :
Jabatan
Jika  kode A maka Direktur
kode B maka Staff Administrasi
kode C maka Staff Operator
Gaji
Jika  kode A maka 1.500.000
kode B maka 1.000.000
kode C maka 850.000
Tunjangan
Jika  kode A maka 20% dari gaji
kode B maka 10% dari gaji
kode C maka 5% dari gaji
Astek
2,5% dari gaji
Total
(Gaji + Tunjangan) – Astek
JVC_COMPUTER
 
 
 
Daftar Gaji Karyawan
 
Jln. Gatot Subroto No. 127 Ambon
 
 
Bulan 
: Januari 2015
Telp : 0913,xxxxxx
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
No
Kode
Nama
Jabatan
Gaji
Tunjangan 
Astek
Total
1
A
Adelia
 
 
 
 
 
2
B
Ade Matulessy
 
 
 
 
 
3
B
Ade Maesyaroh
 
 
 
 
 
4
C
Budiyanto
 
 
 
 
 
5
C
Gunawan
 
 
 
 
 
6
B
Kurniawan
 
 
 
 
 
7
B
Tuti Nurhayati
 
 
 
 
 
8
C
Wahid
 
 
 
 
 
Jumlah
 
 
 
 
 
File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :
1.      Masuk di halaman Google!Mail
2.      ketik Google! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In
  1. Klik New/Tulis
  2. Isilah To/Kepada  : smpmuh3leksono@gmail.com,, Subject/Judul  :  Ujian Praktek Ms Excel.
  3. Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
  4. Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
  5. Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.
  B. Fungsi Statistik
Petunjuk pengerjaan  :
  1. Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Excel.
  2. Ketikan No dengan Data Urut.
  3. Isi Nama siswa dengan nama-nama kelompok kamu.
  4. Isikan kolom Jumlah Nilai dengan Rumus (UTS+UAS+Praktik)/3.
  5. Isikan kolom Total Nilai Kelas dengan Fungsi SUM.
  6. Isikan kolom Rata-Rata Nilai Kelas dengan Fungsi Average.
  7. Isikan kolom Nilai Terendah dengan Fungsi Min.
  8. Isikan kolom Nilai tertinggi dengan Fungsi Max.
  9. Isikan kolom Jumlah data dengan Fungsi Count
  10. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing pada folder sesuai kelasnya.
Contoh  :   Folder = Kelas IX.1, Filename = Sif4
DAFTAR NILAI SISWA
 
 
 
 
KELAS 
: IX.1
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
No
NIS
NAMA SISWA
NILAI
JUMLAH
UTS
UAS
PRAKTIK
1
 
 
 
 
 
 
2
 
 
 
 
 
 
3
 
 
 
 
 
 
4
 
 
 
 
 
 
5
 
 
 
 
 
 
Jumlah
 
 
 
 
 
Nilai rata-rata
 
 
 
 
 
Nilai tertinggi
 
 
 
 
 
Nilai terendah
 
 
 
 
 
Jumlah data
 
 
 
 
 
File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :
  1. Masuk di halaman Google!Mail
  2. ketik Google! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In
  3. Klik New/Tulis
  4. Isilah To/Kepada  : smpmuh3leksono@gmail.com,, Subject/Judul  :  Ujian Praktek Ms Excel.
  5. Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
  6. Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
  7. Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.
III. Soal Materi Internet
Petunjuk Pengerjaan :
  1. Aktifkan Internet browser (Web Browser) dengan Mozilla atau Internet Explorer.
  2. Masuk di halaman Google! Mail : http://mail.google.com (bhs Inggris) atauhttp://mail.google.co.id (bhs Indonesia).
  3. Ketik Google ID dan juga Passwordnya, kemudian sign in.
  4. Klik New/Tulis Pesan/compose
  5. Isikan To/Kepada (alamat tujuan e-mail), subject/Judul (judul e-mail) dan isi e-mail yang akan dikirimkan.
Form yang wajib diisi adalah To/Kepada (Kepada siapa e-mail akan dikirimkan), Subject dan isi e-mail/pesan yang akan dikirimkan ke alamat tujuan.
To/Kepada            : smpmuh3leksono@gmail.com
Cc                         :
Subject/Judul       : 
  1. Ketiklah teks dibawah ini, Tulis isi surat  : Isi surat berupa kesan dan kesan selama berada dan sekolah di smp PGRI Mako tercinta ini.
  2. Setelah selesai dan yakin sudah benar, maka klik Send/Kirim.
  3. Jangan lupa klik Sign Out untuk keluar email tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar